• Sabtu, 30 September 2023

Mengulik Keunikan dan Sisi Historis Dari Stasiun Tawang Semarang

- Jumat, 9 Juni 2023 | 23:28 WIB
Mengulik Keunikan dan Sisi Historis Dari Stasiun Tawang Semarang (pegipegi)
Mengulik Keunikan dan Sisi Historis Dari Stasiun Tawang Semarang (pegipegi)

JURNAL FLORES | TRAVEL - Indonesia punya banyak sekali stasiun kereta api yang usianya ratusan tahun. Namun, yang masih aktif beroperasi hingga sekarang bisa hitung pakai jari, salah satunya Stasiun Tawang Semarang.

Yap, Tawang menjadi stasiun paling vital di Semarang. Meski ada Stasiun Poncol yang usianya lebih muda, nyatanya Stasiun Tawang sangat aktif disinggahi kereta api, baik dari arah Jakarta maupun Surabaya.

Hadir dengan arsitektur khas neo Belanda, Stasiun Tawang sendiri merupakan pengganti dari Stasiun Tambak Sari.

Dirancang oleh arsitek Belanda Sloth-Blauwboer, stasiun ini punya lokasi yang sangat strategis, di sebelah utara kawasan Kota Lama Semarang yang pada saat itu mejadi pusat perdagangan di Semarang.

Baca Juga: Bukan Komodo, Ini 5 Surga Wisata Tersembunyi di Sekitar Labuan Bajo

Kehadiran Stasiun Tawang di era penjajahan Belanda memang bukan tanpa alasan. Karena, Jenderal Belanda kala itu, Mr L.A. J Baron menginisiasi pembangunan jalur kereta api lintas Tanggung-Kemijen yang berhasil dirampungkan pada 10 Agustus 1867. Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) yang ditunjuk untuk mengerjakan proyek rel maupun Stasiun Tawang.

Pembangunan Stasiun Tawang awalnya untuk memudahkan aktivitas perkebunan gula yang ada wilayah Vorstenlanden. Perkebunan gula ini memberi pemasukan berlebih untuk NISM yang langsung dibawah kendali kolonial Belanda saat itu.

Namun, karena permintaan untuk angkutan umum meningkat drastis dan kegiatan administrasi kantor pusat NISM di stasiun makin ramai, Stasiun Tawang pun diubah fungsi menjadi stasiun kota oleh Pemerintah Belanda.

Baca Juga: Bukan Komodo, Ini Review 2 Spot Wisata yang Menjadi Magnet bagi Wisatawan di NTT

Bangunan stasiun didirikan menggunakan konstruksi beton bertulang. Bentuk bangunan stasiun memanjang sekitar 168/175 meter, terdiri atas bagian utama di tengah sebagai vocal point yang dibuat lebih tinggi.

Bangunan utama tersebut memiliki kubah besar berbentuk persegi yang atapnya ditutup dengan lapisan tembaga.

Di dalam bangunan utama stasiun merupakan hall dengan langit-langit tinggi yang di sangga oleh empat kolom utama, sepintas mirip dengan bagian tengah pendopo joglo, rumah adat khas Jawa.

Saat masa kemerdekaan, Stasiun Tawang setidaknya pernah menyelenggarakan perjalanan kereta api luar biasa (KLB) sebanyak dua kali.

Pertama ialah pada saat para pemuda dan pekerja kereta api di Semarang Tawang melakukan perjalanan jurusan Bandung untuk pertama kalinya.

Halaman:

Editor: Robertus Jemali

Sumber: Pegipegi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X